Jelang Ramadan Harga Sembako Terpantau Normal

ilustrasi, PEdagang Sayur Mayur (dok demokrasirakyat.com)

Jakarta, Demokrasi Rakyat – Harga sembako menjelang bulan Ramadan terpantau normal di Pasar Jakarta.

Pedagang , Irma mengatakan harga bawang putih justru turun seminggu ini menjadi Rp 30 ribu per kilogram karena sebelumnya harganya mencapai Rp 40 ribu per kilogram.

“ Harga bawang merah Rp 32 ribu per kilogram. Harga itu stabil selama dua minggu. Sebelumnya, harga bawang merah disebut berada di kisaran Rp 25 ribu,” kata dia.

Secara keseluruhan, Irma mengatakan harga sembako masih normal. Menurut dia, kenaikan yang signifikan biasanya baru terlihat seminggu menjelang sebelum Lebaran. “Sekarang sawi yang lagi mahal, Rp 10 ribu per ikat, biasanya cuma Rp 6.000-7.000,” katanya.

Pedagang lain, Surmita, menjual beberapa sembako tersebut dengan harga sedikit lebih mahal. Cabai merah dijual Rp 40 ribu per kilogram dan bawang merah dijual Rp 36 ribu per kilogram. Berikutnya, harga bawang putih di kisaran 35-40 ribu, tergantung kualitasnya. “Yang wangi (bawang putih) itu harganya Rp 40 ribu,” katanya.

Pedagang beras di Pasar Palmerah, Boy, juga mengatakan belum ada kenaikan harga yang signifikan menjelang Ramadan kali ini. Untuk beras kualitas medium, Roy menuturkan harganya berada di kisaran Rp 10 ribu. “Kalau yang bagus, Rp 13 ribu sudah dapat, super itu,” katanya.

Sebelumnya Direktur PD Pasar Jaya Arief Nasrudin mengklaim pasokan bahan pokok menjelang bulan Ramadan sudah aman.

Menurutnya, harga dan ketersediaan semua bahan pokok di pasar tradisional di Ibu Kota telah dipastikan aman untuk menghadapi lonjakan permintaan menjelang Ramadan.

“Kami berkomitmen menjaga pasokan dan harga dari dua komoditas utama, seperti bawang putih dan cabai,” kata Arief di Jakarta, Kamis, 3 Mei 2018.

Baca Juga  Sinergi dengan Filantropi Indonesia, BPJSTK Lindungi Relawan Kemanusiaan

Untuk menjaga pasokan kedua komoditas utama menjelang datangnya bulan Ramadan tersebut, PD Pasar Jaya telah berkunjung ke Jawa Tengah. Pihak PD Pasar Jaya berangkat ke Magelang, Jawa Tengah, untuk memastikan pasokan cabai, juga ke Brebes untuk mengontrol pasokan bawang. “Untuk bawang putih, kita sudah cukup baik suplainya. Harga hari ini bawang putih Rp 14 ribu per kilogram di Pasar Induk Kramatjati,” ucap Arief.

Share this post

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top