Didesak Relawan, Dikabarkan Menpan RB Bakal Mundur

Jakarta, Demokrasi Rakyat – Berhembus kabar, kader Partai Amanat Nasional (PAN) yang duduk di kabinet pemerintahan Jokowi – JK, Asman Abnur, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) bakal mundur dari jabatannya. Kabar tersebut disampaikan Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, di kompleks parlemen, Senayan, Selasa (14/8), Jakarta.

Viva Yoga menjelaskan, Asman Abnur, dalam waktu dekat ini akan mundur dari jabatannya. Surat resmi pengunduran dirinya juga sedang dipersiapkan untuk di antar ke Istana Presiden. Lanjutnya, Viva Yoga juga menjelaskan alasan utama Asman Abnur harus mengundurkan diri dari jabatannya, karena PAN sudah menyatakan keluar dari partai koalisi pemerintah.

Dalam agenda Pilpres 2019, PAN resmi mendukung pasangan Capres – Cawapres Prabowo Subianto – Sandiaga Uno (Prabowo – Sandi). Oleh sebab itu, ketika PAN tidak mendukung pasangan Joko Widodo – Ma’aruf Amin (Jokowi – Ma’aruf), PAN ingin menunjukan pendidikan politik kepada rakyat dan beradab.

Dikabarkan juga, pihak Istana Negara sudah mengetahui kabar keinginan Asman Abnar ingin mundur dari jabatan Menpan RB. Sebelumnya, Sekjen Relawan Duta Jokowi, Jones Batara Manurung, mendesak Asman Abnur segera angkat koper dari jabatannya. Desakan mundur dari jabatannya itu karena PAN tidak lagi bagian dari partai koalisi pemerintah dan mendukung pasangan Prabowo-Sandi di Pilpres 2019.

“Kalau PAN sudah menyatakan keluar dari koalisi partai pemerintah, maka sudah selayaknya Asman Abnur, kader PAN segera angkat koper dari jabatannya sebagai Menpan RB dan diganti oleh menteri koalisi partai pemerintahan atau kalangan independen,” ujarnya, dalam keterangan tertulis yang disampaikan awak media, Jakarta (10/08).

Kemudian, Jones menerangkan, apabila Asman Abnur tidak segera mengundurkan diri, dia mengkuatirkan melakukan langkah yang berbeda dengan kebijakan yang diambil Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara umum dan khususnya yang terkait dengan aparatur negara dan reformasi birokrasi.

Baca Juga  Beri Ganjaran Rp 200 Juta, Jokowi Ingin Libatkan Masyarakat Berantas Korupsi

“Padahal Presiden Jokowi tengah melakukan hal – hal strategis dalam membenahi reformasi birokrasi. Sehingga sangat tepat jika Asman Abnur mengundurkan diri atau PAN segera menarik Asman Abnur dari kabinet pemerintahan,” tandasnya.

Selanjutnya diharapkan Presiden dapat segera menempatkan kader terbaik bangsa untuk menggantikan posisi tersebut. Intinya, Jones berharap Presiden Jokowi dapat memilih pengganti Asman Abnur dari kalangan profesional untuk dapat memastikan aparatur sipil negara tidak ditarik pada politik praktis pada pemilu 2019. (AH)

Share this post

PinIt
scroll to top