JPIP Minta Pemerintah Batalkan RPP Cukai Barang Kantong Plastik

kata Ketua Umum DPP JPIP, Lintong Manurung saat melakukan Konperensi Pers di Jakarta pada hari Rabu (9/1) (Foto: demokrasirakyat.com)

Jakarta, Demokrasi Rakyat – Jaringan Pemerhati Industri dan Perdagangan (JPIP) meminta Pemerintah untuk membatalkan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Cukai Barang Kantong Plastik  lantaran regulasi tersebut membebani masyarakat pengguna plastik serta mematikan dunia  usaha kecil pengumpul limbah plastik dan Industri recycling.

“Kami melihat kebijakan membuat regulasi tersebut bertujuan untuk mengurangi produksi plastik karena prespektif masyarakat serta negara mengenai kantong plastik merupakan limbah yang mencemari lingkungan,” kata Ketua Umum DPP JPIP, Lintong Manurung saat melakukan Konperensi Pers di Jakarta pada hari Rabu (9/1).

Menurut dia, pengenaan cukai pada kantong plastik akan memberikan dampak pada harga jual kantong plastik serta akan meningkatkan pendapat negara. Namun yang menjadi catatan bahwa dengan mengenakan cukai pada kantong plastik belum tentu menurunkan permintaan kantong plastik.

“Kita harus mengetahui bahwa sampah itu memiliki ekonomi yang sangat tinggi yang dapat memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam kegiatan ekonomi rakyat hingga industry recycling yang memberikan bahan baku murah kepada indusri hilir agar dapat bersaing di pasar global “ kata dia.

Dia mengatakan bahwa regulasi saat ini yang mengatur pengelolahan sampah belum di implementasikan dengan baik antar institusi sehingga sampah-sampah yang ada dianggap mencemari lingkungan.

“Kalau dalam pengelolahan sampah kita kelolah dengan baik dengan mengunakan prinsip pengelolahan sampah dan penerapan system, management logistic dan distribusi sampah dengan baik dan benar maka pencemaraan lingkungan tidak terjadi melainkan meningkatkan penghasilan masyarakat,” tandas dia.(BS)

Baca Juga  Lintong Manurung Dorong Industri Nasional Berbasis Pangan, Energi dan Sumber Daya Air

Share this post

PinIt
scroll to top