Warga Transmigrasi di Palas Keluhkan Layanan Listrik PLN

Giyanto, Warga Desa Ujung Batu 5, Hutaraja Tinggi, Palas

Palas, Demokrasi Rakyat-Warga masyarakat transmigrasi yang tersebar di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas), mengeluhkan buruknya layanan jaringan PLN yang mengaliri di dua daerah transmigrasi, yakni Trans Pir Sosa unit 1 sampai unit 6 dan Trans Ujung Batu 1 sampai Ujung Batu 5 di Kecamatan Hutaraja Tinggi (Huragi).

Kepada wartawan, Senin (21/01/2019), satu warga Desa Ujung Batu 5, Giyanto menyatakan, sudah sejak tahun 2018 yang lalu hingga kini, kondisi dan keadaan aliran listrik di desanya kerap padam para Hari Sabtu dan Minggu tanpa adanya surat pemberitahuan pemadaman dari pihak PLN.

“Semalam (Minggu, 20/01/2019-red) kondisi arus PLN di tempat kami padam mulai pagi hingga jam 4 sore baru menyala. Hari Sabtunya juga demikian. Keadaan ini sudah sejak tahun 2018 kami rasakan,” ungkapnya.

“Sudah bolak balik kami pertanyakan masalah ini kepada petugas PLN yang ada di tempat kami ini. Kata petugas, setiap Hari Sabtu-Minggu ada pengerjaan perempesan ranting pohon di jaringan listrik,” jelasnya.

Terkadang lagi, lanjutnya, sering juga listrik PLN pada Hari Jum’at pada sejak pagi. Tapi saat menjelang pelaksanaan ibadah sholat jum’at listrik menyala. “Tapi, usai sholat jum’at listrik padam lagi sampai sore harinya,” jelasnya.

Kenyataan serupa juga dialami oleh warga masyarakat yang berdomisi lingkungan transmigrasi Pirtrans Sosa. Seperti disampaikan Sugianto, satu warga di Desa Pirtrans Sosa IA.

Kata dia, “Kalau kondisi listrik PLN padam bahkan kurang arus sering kami alami di sini. Utamanya setiap hari Sabtu dan Minggu listrik PLN padam tanpa ada surat pemberitahuan,” katanya.

“Tentu saja, padamnya listrik PLN di waktu siang hari berdampak pada kegiatan usaha perekonomian warga di desa kami yang usaha ekonominya bergantung pada arus listrik PLN,” terangnya.

Baca Juga  Poktan Sejahtera Abadi-RTI di Sosa Tanam Serempak Benih Jagung

“Kami sangat berharap, kiranya pihak PLN dapat mendengarkan keluh kesah kami dari warga transmigrasi di Ujung Batu 1 sampai Ujung Batu 5, maupun warga masyarakat di Pirtrans Sosa unit 1A hingga unit 6.

Harapannya, agar pelayanan listrik PLN kepada warga masyarakat di sini dapat dimaksimalkan sehingga manfaat listrik PLN kepada masyarakat bukan hanya dirasakan pada malam hari dan sebagai penerangan, tapi juga dapat dihandalkan untuk kegiatan usaha perekonomian warga di sini,” pinta warga. (Maulana Syafii)

Share this post

PinIt
scroll to top