Harga Karet Petani di Palas Rp 7.500/Kg

Perkebunan Karet di Desa Ujung Batu, Kecamatan Sosa

Palas, Demokrasi Rakyat-Tercatat sejak akhir bulan januari 2019, harga jual getah karet di tingkat petani di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas) mengalami kenaikan yang signifikan. Saat ini, harga jual getah karet di tingkat petani di harga Rp 7.500 perkilogram (kg). Dengan kenaikan harga itu, petani karet di daerah ini pun mengaku kembali bergairah menderes kebun karet mereka.

“Alhamdulillah, mulai akhir bulan januari kemarin, harga jual getah karet di sini naik. Awal bulan januari itu, harga jual getah karet masih Rp 6.500. Saat ini harganya sudah Rp 7.600 perkilo,” sebut Sabar Hasibuan, satu petani karet di Desa Ujung Batu, Kecamatan Sosa, Minggu (10/02/2019).

“Memang, kenaikan harga getah karet tidak langsung melonjak tinggi, tapi naiknya pelan-pelan. Dari harga Rp 6.500 perkilo, naik jadi Rp 6.700 perkilo. Naik lagi jadi Rp 7.100 perkilo dan saat ini harganya Rp 7.500 perkilo,” terangnya.

Dikatakan dia, luas kebun karet yang dikelolanya seluas satu hektare. Setiap dua hari sekali bisa dijual getah karet sebanyak 35 kilogram. Dalam seminggu bisa dua kali menjual getah karet dengan total berat getah karet sebanyak 75 sampai 80 kilogram.

“Semalam baru dibangkit getah karetku dapat 35 kilo dikali Rp 7.500 perkilo, uangnya Rp 262.500. Dalam seminggu bisa dua kali jual getah karet. Rata-rata dalam seminggu bisa dapat uang Rp 525.000 dari hasil menjual getah karet,” jelasnya.

Senada itu, H. Anto Simamora, satu petani karet di Desa Arseh Simatorkis Kecamatan Barumun menyatakan, saat ini harga jual getah karet di tempatnya Rp 7.500/Kg.

“Bersyukur harga jual karet sudah mulai naik, sudah bisa mengupahkan orang untuk menderes kebun karet. Kebun karet yang sudah bisa dideres seluas lima hektare. Dalam seminggu bisa dibangkit getah karet sebanyak 500-600 kilo,” jelasnya.

Baca Juga  Pak Presiden Jangan Blunder, Tolong Tangkap Mafia Sawit dan Karet Indonesia

Petani karet di daerah ini sangat berharap kepada pemerintah, agar bisa menepati janjinya menaikkan harga jual getah karet di harga Rp 11.500/Kg. “Kalaupun harga jial getah karet bisa di harga Rp 10.000 perkilo, itupun sudah sangat membantu petani karet di sini. Mengingat harga jual karet selama bertahun-tahun belakangan ini anjlok,” pungkasnya. (Maulana Syafii)

Share this post

PinIt
scroll to top