Memperkokoh Ukhuwah Islamiyah, KAMUS Palas Hadirkan Syekh Mahmuddin Pasaribu

Syekh Mahmuddin Pasaribu

Palas, Demokrasi Rakyat-Bertujuan untuk memperkokoh rasa Ukhhuwah Islamiyah dan tali silaturrahmi sesama para alumni dan abituren Santri pondok pesantern (Ponpes) Musthafawiyah Purba Baru yang tersebar di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas).

Keluarga Abituren Mustafawiyah (Kamus) Kabupaten Palas hadirkan Pimpinan Ponpes Mustafawiyah Purba Baru dari Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Syekh Mahmuddin Pasaribu bersama Cucu Pendiri Ponpes Mustafawiyah, Mustafa Harun Nasution bersama rombongan dalam kegiatan Tabligh Akbar II bertempat di halaman Ponpes Al Amin, Desa Mompang, Kecamatan Barumun, Sabtu (16/02/2019).

Dalam laporannya, Ketua Panitia, Rikmat Hasibuan menyebutkan, kegiatan pengajian seperti ini rutin dilakukan Pengurus Kamus Palas dengan mengunjungi satu pesantren ke pesantren lainnya di daerah Palas, yang pimpinan ponpesnya merupakan alumni maupun abiture Ponpes Mustafawiyah.

“Hingga kini tercatat, sedikitnya 600 orang anggota Kamus Palas yang terdata dan berdomisili di daerah Palas. Selain itu, aja juga anggota Kamus yang berada di luar kota dan berdomisili di luar negeri, namun masih tetap terjalin komunikasi dan silaturrahmi antara sesama anggota Kamus,” ujarnya.

Silaturrahmi Alumni dan Abituren Santri Pondok Pesantern Musthafawiyah Purba Baru

Pimpinan Ponpes Al Amin Mompang, H. Sehat Muda, Lc, MA mengatakan, tamat dari Ponpes Mustafawiyah Purba Baru pada tahun 1990 dan mendapatkan beasiswa di Damaskus, Syiria hingga tamat dan mendirikan Ponpes Al Amin di tahun 2000, dengan mengadopsi kurikulum pendidikan dari Ponpes Mustafawiyah Purba Baru, berupa kitab kuning.

Mewakili Direktur Ponpes Mustafawiyah Purba Baru, H. Munawar Siregar menyebutkan, ditahun politik 2019 ini, keluarga besar Ponpes Mustafawiyah sudah memutuskan untuk mendukung pencalonan Cucu Pendiri Ponpes Mustafawiyah Purba Baru yang bernama Mustafa Husein Nasution, sebagai Caleg DPRD Sumut dari Dapil Sumut 7.

Baca Juga  Pemkab Palas Diminta Tindak Tegas Distributor Gas LPG 3 Kg Nakal

“Mari kita kokohkan persaudaraan dan kekeluargaan ini lewat persaudaraan Kamus yang telah kita bentuk, untuk menghantarkan Cucu Pendiri Ponpes Mustafawiyah Purba Baru menuju kursi legislatif DPRD Provinsi Sumut periode 2019-2024,” ajaknya.

Dalam kesempatan itu, Syekh Mahmuddin Pasaribu melakukan dialog seputar persoalan hukum Islam bersama para hadirin. Beberapa persoalan hikum Islam yang dikupas antara lain, berpolitik secara Islam, hukum perniagaan, pertanian dan perkebunan, serta hukum muamalat Islam secara umumnya. (Maulana Syafii)

Share this post

PinIt
scroll to top