LBH Serindo Audiensi Dengan Kompolnas Laporkan Kinerja Polres Tanah Karo

LBH Serindo Audensi Dengan Kompolnas Laporkan Kinerja Polres Tanah Karo (Foto : Kompolnas)

Jakarta, Demokrasi Rakyat – Lembaga Bantuan Hukum Serikat Rakyat Indonesia (LBH SERINDO) melakukan audiensi ke Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Republik Indonesia mengadukan proses perkara yang ditangani oleh Kepolisian Resort (Polres) Tanah Karo atas Laporan Harenta Ginting terkait memasuki rumah tanpa izin serta pengerusakan rumah milik Harenta Ginting.

Direktur Litigasi LBH Serindo, Bob Humisar Simbolon mengatakan bahwa audiensi tersebut mengadukan kinerja polisi di Polres Tanah Karo atas penanganan kasus yang diadukan oleh Harenta Ginting karena proses perkara yang tersebut dinilai lama.

“Kami melaporkan kinerja Polres Tanah Karo ke Kompolnas karena laporan dari Harenta Ginting dengan nomor perkara LP/845/X/2018/SU/RES. T. KARO dan LP/957/XI/2018/SU/RES T. KARO tidak ada perkembangan,” kata dia pada saat audiensi di Kantor Kompolnas, Jalan Tirtayasa VII Nomor 20, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (11/04/2019)

Menurut dia, perkara yang sedang dialami Harenta Ginting saat ini sudah memenuhi unsur pidana karena bukti-bukti yang dikumpulkan sudah diberikan ke Polres Tanah Karo sehingga harapannya perkara tersebut segera disidangkan.

“Kami berharap Kemompolnas memproses aduan kami sehingga perkara tersebut berjalan sesuai dengan KUHP dan KUHAP,” kata dia.

Hal senada juga disampaikan, Ketua Umum DPP Serindo, Jones Batara Manurung mengatakan bahwa proses perkara yang diadukan Harenta Ginting ada kinerja kepolisian yang tidak profesional.

“Kinerja polisi yang tidak profesional pada saat menolak membantu mengosongkan rumah milik Harenta Ginting karena alasan tidak tersedianya polisi wanita di Polres Tanah Karo,” kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Komisi Kepolisian Nasional, Irjen Pol. (Purn.) Bekto Suprapto mengatakan Kompolnas akan meminta keterangan aparat kepolisian Polres Tanah Karo terkait laporan Harenta Ginting sehingga perkara cepat di jalankan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Baca Juga  Bantah Intervensi Proses Hukum Penangkapan Kapal, Bakamla Hanya Monitoring Proses Penyidikan

“Kami akan meminta keterangan dari aparat di Polres Tanah Karo melalui Polda Sumatera Utara dan dalam kasus ini kami akan memprosesnya sesuai dengan kewenangannya kami,” kata dia.

Dia juga mengatakan bahwa pihaknya akan memproses terkait Laporan Saudara Harenta Ginting dengan Nomor perkara LP/845/X/2018/SU/RES. T. KARO dan LP/957/XI/2018/SU/RES T. KARO.

“Adanya pernyataan aparat kepolisian di Polres Tanah Karo tidak adanya Polisi Wanita pada saat Harenta Ginting meminta bantuan untuk mengosongkan rumahnya juga akan kami proses sehinnga kinerja semakin profesional,” kata dia.

Audiensi tersebut dari LBH Serindo di hadiri oleh Jones Batara Manurung, Bob Humisar Simbolon, Oki Patria dan Jhon R Siregar sedangkan dari unsur Kompolnas dihadiri oleh Sekretaris Komisi Kepolisian Nasional, Irjen Pol. (Purn.) Bekto Suprapto dan Anggota Kompolnas Irjen (Purn) Drs. Yotje Mende. (*)

Share this post

PinIt
scroll to top